Resume Materi
1. SEO
adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesia artinya Optimasi Mesin Pencari. Maksudnya optimasi mesin pencari adalah memaksimalkan website atau blog beserta isinya (konten artikel) bisa muncul di halaman pencarian Google. Untuk memaksimalkan website kita pada mesin pencari Google, dibutuhkan teknik SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE.
7. Viral Marketing
- Bagian penting: membuka adegan dalam 10 detik pertama.
- Pemilihan media yang tepat
adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesia artinya Optimasi Mesin Pencari. Maksudnya optimasi mesin pencari adalah memaksimalkan website atau blog beserta isinya (konten artikel) bisa muncul di halaman pencarian Google. Untuk memaksimalkan website kita pada mesin pencari Google, dibutuhkan teknik SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE.
Teknik ON PAGE yaitu teknik yang kita lakukan pada website atau blog kita dengan cara membuat artikel yang terdapat keyword yang diincar dan terdapat deskripsi yang berisi keyword yang diincar. Teknik SEO OFF PAGE, yaitu teknik yang dilakukan di luar website atau blog, salah satunya adalah mencari backlink. Semakin banyak backlink berkualitas, semakin membuat website bagus pada hasil mesin pencari (SERP).
2. SERP
SERP (Search Engine Result Page) atau dalam bahasa Indonesia adalah Halaman Hasil Mesin Pencari. Sesuai dengan terjemahannya, ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari google dan muncul hasil yang kita cari, hasil pencarian inilah yang disebut SERP. Jadi, perbedaan antara SEO dengan SERP. Kita sudah tau sekarang bahwa SEO itu adalah teknik sedangkan SERP adalah hasilnya.
3. Email Marketing
adalah metode pemasaran langsung berisi pesan komersial kepada group atau orang-orang tertentu. Setiap email yang dikirimkan kepada konsumen potensial dapat disebut sebagai email marketing.
Tipe email marketing yaitu :
- Direct marketing
Directemail adalah pesan yang Anda kirim ke list email pelanggan dimana email tersebut adalah berisi pesan penawaran atau promosi. Direct email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik.
- Retention Email
Retention email adalah email yang kita kirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis kita, ini sangat krusial bagi semua jenis bisnis. Isi pesan retention email biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para pelanggan mereka, ini adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk kita ke pelanggan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa baru kepada para pelanggan dengan pendekatan yang unik.
- Beriklan di Email Orang Lain
Ini adalah salah satu bentuk marketing yang sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi kita yang belum memiliki banyak email list dan subscriber, kita bisa memanfaatkan email list dari publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau mengirimkan email kepada list mereka dimana di dalam email tersebut terdapat pesan promosi bisnis kita.
Cara mendesain email marketing yaitu:
Cara mendesain email marketing yaitu:
- Pilih email marketing tools yang tepat
Dalam memulai email marketing, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih dan berlangganan email marketing tools. Melakukan hal ini akan memastikan Anda tidak perlu lagi mengirim email satu persatu, namun mengirim banyak email sekaligus. Tidak hanya itu saja, kebanyakan email marketing tools menawarkan fitur lain seperti template, manajemen kontak, hingga fitur tracking email, seperti yang dimiliki oleh MTARGET. - Kumpulkandaftar kontak
Kami sangat tidak menyarankan untuk melakukan pembelian daftar email, karena para penerima email akan merasa memberikan tidak pernah memberikan emailnya dan bisa jadi email yang dikirimkan justru ditandai sebagai spam oleh mereka. Lebih baik mengirim email dengan jumlah kontak yang sedikit, dari pada kepada orang-orang yang bahkan tidak mengetahui bisnis Anda
- Desain semenarik mungkin
Buatd email semenarik mungkin. Manfaatkan template email yang telah disediakan oleh email marketing tools, seperti MTARGET. Salah satu keuntungan dari menggunakan MTARGET, yaitu setiap desain yang telah dibuat dapat tersimpan dalam Template Manager dan siap untuk diduplikasi kapanpun.
- Tulis konten email
Tujuan utama email adalah agar subscriber memahami informasi yang dikehendaki. Tapi, membuat konten yang persuasif tidak dapat dilakukan dengan sekali mencoba. Diperlukan proses latihan untuk membuat konten email menjadi lebih persuasif.
Untuk memudahkan, Anda dapat membagi email ke dalam 3 bagian penting :- Headline (apa yang Anda tawarkan)
- Isi email (keterangan bagaimana ‘headline’ dapat membantu pembaca)
- Call to action (beritahu apa yang selanjutnya harus dilanjutkan pembaca)
Tidak hanya konten email, luangkan juga waktu untuk membuat subjek email. Sebagai tips tambahan, buat subjek email sesingkat mungkin, tidak lebih dari 40 karakter. - Tes pengiriman email
Jika sudah memiliki email yang siap dikirim (dengan desain dan konten menarik), tes email sebelum mengirimnya ke seluruh subscriber. Tujuannya adalah untuk mengecek apakah masih ada kesalahan atau kekurangan di dalam email yang telah dibuat. Ini juga untuk melihat apakah email yang dikirimkan akan masuk spam atau tidak. Jika semua sudah sempurna, lanjut ke langkah berikutnya.
- Kirim email
Satu hal yang perlu diperhatikan dalam langkah ini adalah timing. Pertama memang diperlukan research untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk mengirim email. Setelah mendapatkan waktu yang tepat, pastikan untuk selalu konsisten ketika mengirim email.
4. Sosial media marketing
aktivitas menggunakan social media sebagai sarana untuk memasarkan produk/jasa.
keuntungan dalam menggunakan sosial media marketing adalah :
4. Sosial media marketing
aktivitas menggunakan social media sebagai sarana untuk memasarkan produk/jasa.
keuntungan dalam menggunakan sosial media marketing adalah :
- harga yang relatif murah
- lebih efektif
- target pasar yang luas
- mudah memberi feedback secara langsung
- berbagi informasi yang lebih mudah
- semua konsumen dapat menjangkaunya
adalah suatu metode perencanaan strategis untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam usaha mencapai tujuan, yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats), baik itu tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.
Unsur-unsur Analisis SWOT yaitu:
- Kekuatan (strengths)
- Kelemahan (weakesses)
- Peluang ( opportunities)Unsur peluang biasanya dibuat pada saat awal membangun bisnis. Ini karena bisnis dibentuk berdasarkan peluang atau kesempatan untuk menghasilkan keuntungan. Unsur peluang termasuk daftar apa saja yang memungkinkan bisnis mampu bertahan dan diterima di masyarakat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
- Ancaman ( threats)Analisis terhadap unsur ancaman sangat penting karena menentukan apakah bisnis dapat bertahan atau tidak di masa depan. Beberapa hal yang termasuk unsur ancaman misalnya banyaknya pesaing, ketersediaan sumber daya, jangka waktu minat konsumen, dan lain sebagainya. Membuat daftar ancaman perusahaan bisa untuk jangka pendek maupun jangka panjang serta bisa sewaktu-waktu bertambah atau berkurang.
Manfaat Analisis SWOT yaitu:
- Perusahaan menjadi lebih memahami kekuatannya dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkannya.
- Perusahaan dapat melihat suatu peluang dan dapat mempertahankan peluang.
- Perusahaan mengetahui kelemahan serta mencari solusi untuk mengurangi kelemahan tersebut.
- Perusahaan mengetahui potensi ancaman serta mencari solusi untuk menghindari ancaman tersebut.
Adalah semua jenis video yang akan anda rekam dan posting dengan tujuan bisnis.
Manfaat dari video marketing adalah :
- meningkatkan konversi dan penjualan
- video dapat digunakan dalam berbagai metode promosi
- video marketing dapat mejelaskan semuanya
- dapat membangun kepercayaan
- mencangkau pembeli yang sibuk dan malas sekalipun
- membantu konsumen memahami produk anda
- untuk memenangkan persaingan (karena peningkatan pengguna video marketing
- meningkatkan pemasaran video konversi (keuntungan)
- lebih menarik karena orang lebih suka membagikan video
- biaya tinggi
- cepat terguling (releven pada waktu tertentu)
- dapat dibagikan jika videonya ditemukan
- menentukan tema video marketing
- merancang isi dari video marketing
- menentukan desain video anda
- membuat rekaman video marketing
- mengedit video yang telah dibuat
- mempublikasikan video yang telah dibuat
7. Viral Marketing
adalah sebuah metode untuk menciptakan kata kunci atau bagian pemasaran yang mudah diingat dan menarik perhatian dalam kata modern anda yang selalu terhubung.
viral marketing sangat berpotensi untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Sama halnya seperti tren, dimana orang-orang yang menganggapnya biasa saja diawal, akan terpengaruh juga untuk menggunakannya bila orang-orang disekitarnya sudah mulai mengadopsinya dalam kehidupa sehari-hari. Layaknya sebuah virus, strategi viral marketing memanfaatkan perkalian cepat untuk melontarkan pesan keribuan individu, bahkan jutaan, semakin menarik konten dari video/unggahan tersebut, semakin cepat hal tersebut akan menjadi viral.
contohnya : fenomena fidget spinner
8. Etika Media Sosial
- Komunikatif
Sebagai seorang pebisnis, Anda diharuskan untuk dapat berkomunikasi dengan baik serta cepat respon. Hal ini sangat penting dilakukan, sebab calon konsumen akan lebih senang ketika mendapatkan penjual yang cepat merespon serta selalu mampu berkomunikasi dengan baik. Selain itu, dalam berbisnis Anda harus komunikatif untuk menarik konsumen atau calon konsumen. Sehingga, para konsumen merasa nyaman dan dihargai dengan perilaku Anda.
Sebagai seorang pebisnis, Anda diharuskan untuk dapat berkomunikasi dengan baik serta cepat respon. Hal ini sangat penting dilakukan, sebab calon konsumen akan lebih senang ketika mendapatkan penjual yang cepat merespon serta selalu mampu berkomunikasi dengan baik. Selain itu, dalam berbisnis Anda harus komunikatif untuk menarik konsumen atau calon konsumen. Sehingga, para konsumen merasa nyaman dan dihargai dengan perilaku Anda.
- Cara menanggapi konsumen
Jika Anda ingin membuka bisnis online, yang harus diperhatikan adalah cepat dalam merespon atau menanggapi konsumen. Ini merupakan etika promosi di media sosial agar konsumen merasa nyaman ketika hendak berbelanja. Karena itu, apabila ada seseorang yang menanyakan sesuatu, misalnya apakah barang yang Anda jual masih tersedia atau tidak, jawablah secepatnya. Bisa jadi dia sangat membutuhkan barang tersebut saat itu sehingga dia harus mendapatkannya sesegera mungkin.
Jika Anda ingin membuka bisnis online, yang harus diperhatikan adalah cepat dalam merespon atau menanggapi konsumen. Ini merupakan etika promosi di media sosial agar konsumen merasa nyaman ketika hendak berbelanja. Karena itu, apabila ada seseorang yang menanyakan sesuatu, misalnya apakah barang yang Anda jual masih tersedia atau tidak, jawablah secepatnya. Bisa jadi dia sangat membutuhkan barang tersebut saat itu sehingga dia harus mendapatkannya sesegera mungkin.
- Jangan terlalu sering memposting
Berikanlah jeda waktu ketika Anda hendak memposting sesuatu, terutama produk bisnis. Jika Anda terlalu sering memposting di media sosial, akan mengganggu mereka sebagai pengguna medsos. Sebab, beranda media sosialnya hanya dipenuhi dengan postingan Anda. Terlebih lagi jika memposting hal yang sama, yakni produk dan informasi yang sama, pengikut Anda tentunya juga ingin mengetahui informasi seputar teman-teman atau kerabat atau produk-produk bermerek lainnya. Dengan begitu, postingan Anda akan dianggap “menyampah” di beranda mereka dan besar kemungkinan mereka akan berhenti menjadi pengikut Anda.
4. Perbanyak informasi terbaru
Sebagai pebisnis di media sosial, Anda harus perbanyak informasi terbaru untuk dibagikan. Pastikan informasi tersebut bermanfaat. Dengan begitu, postingan Anda semakin ditunggu para follower. Nah, selain itu Anda dapat menggabungkan antara informasi terbaru dengan informasi produk bisnis. Sehingga, kedua informasi menjadi bermanfaat. Oleh sebab itu, Anda harus pandai mencari informasi yang masih berkaitan dengan produk bisnis.
Jika Anda jarang melakukan pembaruan, akan jarang juga akun usaha Anda muncul di beranda pengikut. Dengan begitu, mereka tidak akan merasakan perbedaan antara menjadi pengikut Anda dan tidak sehingga besar kemungkinan mereka akan berhenti menjadi pengikut Anda.
5. Menghargai orang lain
Dalam berbisnis, hal terpenting yang harus dilakukan adalah saling menghargai. Hal ini berlaku tidak hanya untuk pebisnis offline saja, melainkan untuk pebisnis online. Buatlah postingan yang positif dan tidak menjatuhkan pihak manapun. Dengan begitu, Anda akan lebih dihargai oleh para konsumen. Selain itu, etika promosi di media sosial dapat berdampak baik. Terutama pada industri bisnis online Anda. Semakin Anda menerima kritik serta saran dari konsumen, maka akan banyak juga calon konsumen yang merasa nyaman.
9. Kriteria video marketing yang baik dan tepat :
9. Kriteria video marketing yang baik dan tepat :
Singkat dan padat berisi merupakan kategori video favorit yang diinginkan dalam strategi pemasaran . Namun, dalam hal ini pemasar juga harus melakukan pertimbangan terkait pesan yang akan meminta dalam konten. Menurut data penelitian atau pengalaman yang telah terjadi sebelumnya, biasanya audiens akan berhenti menonton video pada durasi sebelum atau maksimal 10 detik pertama. Adegan ini lebih dikenal dengan kait yang memiliki fungsi meningkatkan kinerja pemasaran dalam bentuk video.
Anda dapat menampilkan potongan video yang menarik atau mempertanyakan yang membuat audiens Anda meminta penasaran pada 10 detik pertama. Sertakan nilai yang membuat audiens Anda ingin terus menikmati konten yang Anda sajikan, buat video Anda menginspirasi atau bersenang-senang.
- Konten bercerita
Untuk membuat video marketing yang baik, Anda perlu memenuhi kebutuhan konten audiens, salah satu yang paling efektif adalah melalui story telling. Penjualan melalui soft selling telah menjadi andalan para digital marketer di era millennial ini termasuk dalam bentuk video marketing. Anda harus menampilkan adanya nilai atau value yang terlihat dalam cerita tersebut.
Menarik perhatian audiens dapat dilakukan melalui penyesuaian emosi seperti permintaan pasar berdasarkan hasil riset sebelumnya. Anda tidak perlu khawatir akan penurunan penjualan, sebab Anda dapat menyertakan CTA dalam video tersebut.
- efektivitas jadwal publikasi video
Publikasi konten video dapat mencapai tingkat paling efektif ketika jadwal peluncuran dilakukan pada momen yang tepat. Tentukan jadwal yang efisien untuk melakukan publikasi video agar jangkauan audience Anda maksimal. Apabila Anda mempunyai objektif pada suatu product launching atau event tertentu, tips ini juga akan efektif karena adanya kesesuaian dengan momen yang akan terjadi.
- Pemilihan media yang tepat
Dalam poin ini, Anda membutuhkan suatu riset mendalam terkait media sosial. Hal ini harus dilakukan karena bertujuan untuk menarik target pasar yang berbeda berdasarkan kebutuhan masing-masing individu.
Untuk konten jenis video, biasanya akan tepat jika disebarkan melalui media sosial seperti Facebook atau Youtube. Misalnya, video marketing sangat cocok dipasarkan melalui Twitter dan Instagram. Strategi ini sangat kondisional sesuai dengan target pasar Anda.
Setelah melakukan penyebaran video marketing, Anda perlu meningkatkan sistem pembayaran untuk mendukung penjualan yang diprediksi akan melimpah. Anda wajib memberikan kemudahan konsumen dalam bertransaksi. Ketika calon pembeli telah menyukai produk Anda, maka terjadi kemungkinan penjualan yang tinggi.
Saat melakukan pembelian, pembeli cenderung tidak mau repot dalam proses transaksi. Untuk itu, layanan transaksi toko online yang menyediakan kemudahan, mendorong calon pembeli deal dan tidak ragu melakukan pembayaran.
Good
BalasHapus